Mento 1 Kreatif Adaptif Belajar Bahasa Inggris
Saat ini pembelajaran bahasa Inggris SD N 1 Mento sedang dikembangkan menjadi suatu konsep utuh untuk pembelajar muda bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar. Kami mengupayakan design pembelajaran mandiri yang kreatif dan adaptif sesuai kurikulum yang berlaku di Indonesia. Kurikulum bahasa Inggris sekolah ini bukan untuk membuat kurikulum lain tetapi untuk melengkapi kurikulum bahasa Inggris yang berlaku di sekolah dasar.
Projek ini disebut Mekar Abing: Mento 1 Kreatif Adaptif Belajar Bahasa Inggris. Dalam pengembanganya, kami tidak hanya membuat LKPD mandiri atau media pembelajaran mandiri. Tetapi, kami sedang mengembangkan pokok penting Young Learner English untuk SD N 1 Mento.
Dalam pelaksaan ini tentunya diadaptasikan dari kurikulum yang sedang digunakan di Indonesia. Ada hal-hal yang sedang kami kembangkan, uji cobakan, dan pelaksanaan evaluasi. Tentu saja ini long term project yang disesuaikan dengan pendekatan Pembelajaran Mendalam. Kami sedang dan terus mengevaluasi perangkat kami berupa:
- Projects dalam pembelajaran bahasa Inggris meliputi: Reading Project, Online Project, Vocabulary Project, dan Independent Project yang mendukung kesadaran mandiri siswa dalam belajar.
- Mini Projects (diluar projects di point 1 di atas) yang fokus ke skills bahasa Inggris. Setiap kelas ada 4 projects untuk 1 Tahun Ajaran yang meliputi creative writing dan perfomances yang dirancang sedemikian rupa untuk setiap kelasnya.
- LKPD mandiri yang dibuat oleh guru hahasa Inggris sendiri dan menggunakan resources pendukung dari penyedia layanan pendidikan yang berkualitas dan bersifat mandiri guna mendukung project dan kegiatan pembelajaran lainnya.
- Pembuatan scope and sequence yang jelas untuk pembelajaran bahasa Inggris yang secara mandiri dibuat berdasarkan kurikulum nasional.
- Perancanaan Kelas Drama untuk kelas 6 yang akan dilaksanakan di Tahun Ajaran baru ini.
- Kelengkapan resources/sumber daya dan media pembelajaran yang terus dikembangkan.
- Catatan penting pembelajaran yang terperinci dan berdampak yaitu jurnal mengajar dengan desaign untuk refleksi dan evaluasi.
Tentunya ini telah diterapan, dikembangkan, dan dievaluasi. Kita paham bahwa suatu konsep pembelajaran tidak tercipta dengan proses dadakan dan tanpa perencanaan yang matang. Kami akan terus mengembangkannya demi kemajuan para siswa kami baik untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang.
Dukung kami untuk selalu berinovasi dalam pendidikan. Bukan suatu besar atau kecil yang kita lakukan, tetapi seberapa besar dan siap hati, rasa, pikir, dan raga kita untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.
Leave a Reply